Yomo23setiawan's Blog

Just another WordPress.com site

BUDI DAYA LELE ORGANIK DENGAN KOTORAN

38 Komentar


KOTOBUDI DAYA LELE ORGANIK DENGAN RAN / FESES KELINCI
Budidaya lele organik masih tergolong baru sehingga belum populer di masyarakat,walau Lele masih menjadi makanan favorit di masyarakat. Namun kebanyakan yang beredar, mengandung residu akibat pemakaian bahan kimia yang tinggi. “Berbeda, kalau organik sudah bebas zat kimia,”. Sementara ditilik dari segi gizi, lele organik tingkat kolestorelnya lebih rendah karena mengandung asam lemak tak jenuh.

Abdul Kohar, 48, petani lulusan Teknik Nuklir, Universitas Gajah Mada, adalah salah satu petani Banyuwangi, yang merupakan pelopor pengembangan budidaya lele organik dengan konsep mengadopsi pola hidup lele di alam bebas, dimana media hidup dan pakannya berasal dari bahan organik.sehingga berbeda dengan budidaya lele nonorganik, biasanya dilakukan tanpa perlakuan khusus dengan pakannya berasal dari pabrikan (pelet) dan Hasilnya tentu saja berbeda. Ukuran lele organik ternyata lebih panjang, antara 25-30 centimeter dibandingkan lele biasa. Warna lele organik kemerah-merahan, terutama di bagian sirip dan insang. “Lele biasa warnanya sedikit lebih hitam, Lele organik juga lebih menonjol dalam hal rasa. Tekstur daging lebih kesat, kenyal, dan gurih, hampir menyamai rasa lele yang hidup di alam bebas. “Dan tentunya, lebih sehat.”

Di belakang rumahnya, Jalan Temuguruh, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, ia membikin 12 kolam berukuran masing-masing 3,5 meter x 4 meter untuk membudidayakan lele organik sejak masih benih hingga siap konsumsi. Hanya cukup diberi pakan kotoran hewan yang dicampur air dan tetes beserta enzim bakteri silanace untuk mempercepat proses penguraian kotoran. Selang tujuh hari kemudian akan menghasilkan banyak plankton yang menjadi makanan utama lele. Keuntungan lainnya, air di dalam kolam lele tidak menghasilkan bau busuk seperti halnya lele non organik. Sehingga ia tak perlu repot mengganti air dalam kolam. “Menghemat biaya dan tenaga,” Dan sisa air dalam kolam lele ternyata masih bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk tanaman.

Saat ini pakan ikan lele yang berupa pellet, dipasaran mengalami kenaikan dari harga 6.000 rupiah per kilogram menjadi 8.000 rupiah per kilogram. Untuk menghasilkan 1 ton ikan lele siap konsumsi, jika menggunakan pakan pellet menghabiskan pakan 1 ton, dalam 1 kilogram ikan lele yang diberi pakan pelet berjumlah antara 8 hingga 9 ekor, sedangkan yang diberi pakan organik 7 hingga 8 ekor. Saat ini harga ikan lele di pasaran mencapai 14.000 rupiah per kilogram.

Beternak lele organik tidak terlalu banyak biaya yang dikeluarkan, karena biaya Budidaya lele yang paling dominan adalah pakan, sedang lele organik pakan praktis tidak perlu membeli, demikian pula dengan tenaga kerja saat pemeliharaan tidak diperlukan lagi, polusi bau tidak sedap tidak terjadi, sisa air kolam masih bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman.

Biaya Investasi :yang perlu disiapkan tidak terlalu banyak karena pemeliharaan lele biaya yang paling dominan adalah pakan

Perkiraan harga terpal ukuran 5X7 Rp. 600.000

Ditambah pembelian bambu dengan tenaga kerja pengerjaan atau ongkos gali kolam + batu merah

Biaya Budi daya :
Benih jenis Dumbo Sangkuriang ukuran 7,8 mm Rp. 250/ekor
Kotoran kelinci, Tetes, Enzim Bakteri Silanace harga Rp. 25.000 /Liter untuk 500 Kg kotoran sapi.

Hasil :
Usia 70 hari panen dengan ukuran 1 Kg isi 8-9 ekor, harga partai 1 Kg lele Rp. 11.000. dan sisa air kolam bisa dijadikan pupuk.

CARA PEMANFAATAN FESES KELINCI UNTUK PAKAN IKAN LELE
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
1. Kotoran kelinci, basah atau kering
2. Tetes tebu / molase / gula
3. Fermentor (EM4, Prodecom, dll)

APLIKASI FESES KELINCI UNTUK PAKAN IKAN LELE

Tebarkan kotoran kelinci secara merata di dasar kolam dengan perbandingan 500 kg untuk 1000 ekor bibit lele, lalu isi kolam dengan air tanah sampai dengan ketinggian 10 cm dari permukaan kotoran kelinci.
Campurkan fermentor dengan molase dengan perbandingan 1 lt fermentor, 2 lt molase dan 10 lt air sampai merata
Biarkan selama 2 jam agar bakteri menjadi aktif
Masukkan campuran fermentor, molase dan air tanah ke dalam kolam secara merata supaya proses fermentasi sempurna, dan biarkan selama 7 hari.
Setelah 7 hari, kolam diisi air sampai batas maksimal, lalu dibiarkan selama 3 hari
Setelah semua proses dilakukan, masukkan bibit ikan lele ukuran 7/9 ke dalam kolam dengan perbandingan 1 m2 untuk 250 – 300 ekor bibit.
Pada saat memasukkan bibit ikan lele, jangan lupa melakukan aklimatisasi selama kurang lebih 2 jam
Bila semua prosedur sudah dilakukan, maka 70 hari kemudian akan bisa panen ikan lele
Selamat mencoba dan semoga sukses

Penulis: yomo23setiawan

berjalan dan menjalani segala ketentuan yg ditakdirkan.

38 gagasan untuk “BUDI DAYA LELE ORGANIK DENGAN KOTORAN

  1. maaf bang..saya yony abdillah, dari wnosobo jawa tengah, maw tanya bang..
    bang..cari fermentornya dimana..?
    apa ja fermentornya bang..?

  2. mas
    kalo kotoan kelinci diganti degan amapas tahu kira2 bisa gak ya?

  3. bisa di ganti dengan kotoran sapi/kambing/ayam,bisa jga dengan kotoran manusia,kalau anda tega makan tu lele,,,heheh.!!!!

  4. mau tanya maz… selama pemeliharaan lele tersebut apakah masih ada tambahan pakan lainnya, atau tidak sampai masa panen.. thank’s berat.

  5. kalau di parung beli em 4 dimana ya pak

  6. Gan, Maaf mau tanya. Yg dimaksud “aklimatisasi” itu apa? dan Kalo kotoran sapi / Kambing / Ampas tahu, di campur dengan Enzim. Nah beli enzimnya dimana, Gan? Atau ada produk lain untuk pengganti pengurainya?

  7. mau tanya nih…. saya masih bingung..

    itu 500 kg kotoran sapi+ EM4 1 lt + air 10 lt + 2 lt molase = itu buat 1 hari apa buat sampe panen??

  8. mau tanya nih.. itu kotoran di diam kan saja?? trus dah digitu di kasih ke lele???

  9. Mas Yomo, saya peternak lele pemula mau tanya istilah “aklimatisasi” itu apa dan bagaimana sih mas? Terima kasih

  10. Maaf mas Yomo,saya peternak lele pemulaa,yg ingin saya tanyakaan:
    1. Berdasarkan keterangan diatas misalkan kolam ssaya ukuran 2×4 meter berarti bisa saya tebarkan benih sebanyak +/- 2000 ekor ya??
    2. Apakah kotoran kelinci itu perlu di komposkan dulu atau langsung saja? Karena saya baca dibeberapa ulasan dari web sebelah kok dikomposkan dulu…
    Terimakasih sebelumnya……

  11. mas kalo misalkan kotoran tsb ditebar ke lele dewasa (indukan ) tanpa difermentasi gimana? kayaknya lele indukan lebih suka yang ‘padat-padat’ deh :)

  12. itu untuk ukuran kolam berapa gan?

  13. bagaimana proses permentasi kotoran sapinya mas?

  14. untuk ermentor em4 apa bisa di ganti dengan starbio

  15. untuk fermentor em4 apa bisa di ganti dengan starbio

  16. mas! 500kg ktrn sapi bi2t’y 10rbu/seribu

  17. Setelah tahu manfaatx ternak lele organik melalui media kotoran sapi hasil panen saya melimpah ruah dan tidak bergantung dengan pakan pelet sama sekali dan keuntungan bisa mencapai 60-80%. Kebetulan dengan media kotoran sapi harus memakai bakteri silanance>Dan bagi teman-teman yg ingin mendapatkan bakteri silanace atau cara ternak lele media kotoran sapi hubungi : adi +6285234937921/+6283839996998.

  18. Mas Yomo sudah praktekkan sendiri ya? Sudah berapa lama Mas ? Saya pengen maen2 ke tempat Mas Yomo.

  19. assalamualaikum…

    misi mas mau numpang nanya…
    kalo untuk pembenihan dengan sistim full organik, mungkin dengan kadar konsentrasi yang lebih rendah bisa gak?

    sekalian kalo ada yang butuh bibit lele sangkuriang bisa hubungi ke nomer 087853113050
    Pekalongan.
    atas nama Totok.

    sekian mas, trima kasih.

  20. saya mencoba seperti yang mas yomo tulis, tetapi kok menimbulkan polusi bau ya mas? Apakah memang baunya gak enak gitu, apa karena ada kesalahan?

  21. permisi bang numpang tnya nh lw bibit lele 10rb pkan organik brp dan ktinggian air brp,lw lnsung kena sinar mthari tu gmn bang soalx sy pux kolam 5 ukuran 2×6 dan terbka?

  22. saya tertarik bangat mas…..
    tp saya mau tanya sedikit ….???
    kalau kita memakai apas tahu apa dikeringkan dulu
    atau setelah di ambil dari pabrik langsung bisa di pakai

  23. Mau tanya Mas,
    Bahan molase,Fermentor (EM4, Prodecom, dll) belinya dimana ya…??
    Apakah kotoran kelinci bisa diganti dengan kotoran sapi..??
    Selama penebaran bibit hingga panen apakah lele masih diberi tambahan makanan yang laen..??

    Thank,

  24. assalamu alikum……….bagaiman pemberian bakteri silanance kolam berisi dengan ikan lele krn kolam sy sdh diberisi kotoran ayam tp airnya bau anyir, trims.

  25. mas, 500kg taik lembu sampe panen ya??
    trus skaligus buat adonannya atau bertahap???

  26. kotoran sapi 500 kg untuk bibit lele 1000 apa ga kebanyakan mas?

  27. kami pengurus kud abadi pucuk berniat studi ttg budidaya lele ini, mhn info contak person ( samadi 081216607621 )

  28. kalo bisa upload video proses pembuatannya donk ….

  29. bisa pake em4 pertanian gk pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.