Yomo23setiawan's Blog

Just another WordPress.com site

Strategi Baru Pengembangan Budi Daya Lele Organik

Tinggalkan komentar


Ikan lele organik mempunyai beberpa kelebihan dari lele non organic. Terutama dari segi penghematan biaya pakan, rasa , dan manfaatnya untuk kesehatan.
Teletong alias kotoran sapi rupanya tak hanya bermanfaat untuk pupuk organik. kotoran sapi saat ini juga populer untuk budidaya lele organik. Tak perlu beli pakan, hasil panen ternyata lebih gurih.

Menurutnya, berbeda dengan budidaya lele nonorganik, biasanya dilakukan tanpa perlakuan khusus dengan pakannya berasal dari pelet atau pakan buatan pabrik.

Membudidayakan lele organik memang membutuhkan keuletan tersendiri. penebaran benih lele pada kolam berisi air dan kotoran sapi yang telah dikomposing selama satu bulan.

penggunaan pakan organik ini menghasilkan lele berukuran lebih panjang dari lele biasa dengan warna lebih kemerahan dibanding lele biasa. Daging lele yang dihasilkan mempunyai kelebihan berupa rasa yang lebih kuat, tekstur daging lebih kesat,dan kenyal.

Sisa air kolam bisa dimanfaatkan sebagai air untuk memupuk tanaman. Harga jual bisa lebih tinggi dari lele biasa karena termasuk dalam kategori bahan pangan organik dimana nilai gizi tinggi dan tingkat kolesterolnya lebih rendah

Nah sangat mudah bukan..? Intinya anda harus punya kolam atau bak khusus untuk pembuatan pakan organik seperti keteranga diatas.Di coba saja dulu…anda pasti akan menemukan teori sendiri dari pengalaman anda. Jika anda tak punya sapi, anda bisa mendapatkannya dari para peternak sapi yang ada di sekitar anda.

Penulis: yomo23setiawan

berjalan dan menjalani segala ketentuan yg ditakdirkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s